(Gambar proses pembuatan Egg Roll di UMKM “Egg Roll Waluh Rendra Jaya” Cepu)
Dunia pada dua tahun terakhir sedang terpuruk, dampaknya menyebabkan kelumpuhan di berbagai sektor kehidupan, hal ini disebabkan oleh pandemi covid 19 atau lazimnya disebut virus corona yang telah menyebar di hampir seluruh belahan dunia. Resesi ekonomi, kemunduran di sektor kesehatan, pekerjaan, serta kesejahteraan manusia yang dipicu oleh virus corona tak terbendung lagi, bukan hanya ekonomi nasional bahkan ekonomi global pun ikut terhantam oleh dampak virus corona. Salah satu sektor di bidang ekonomi yang terdampak besar secara langsung adalah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hal ini dikarenakan daya beli konsumen menurun secara drastis pada level paling dasar. (Sumarni, 2020)
Dalam beberapa bulan terakhir ini angka penambahan kasus virus corona berangsur-angsur menurun, pemerintah menetapkan ppkm menjadi level 1, banyak lembaga pendidikan yang sudah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka, serta capaian vaksinasi yang telah memenuhi target WHO yaitu lebih dari dua ratus juta orang. Beberapa moment tersebut menandakan bahwa negara ini telah memulai kebangkitannya, dan harus beradaptasi dengan kebiasaan baru di era new normal. Di era ini merupakan pr yang harus dikerjakan oleh semua warga Negara, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat harus mencari jalan keluar dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan akibat pandemi khususnya di sektor perekonomian.
Kebangkitan ekonomi di era ini dapat dimulai melalui pengembangan UMKM yang merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia, untuk itu para pelaku UMKM dan juga para pemula usaha mulai gencar membuat strategi baru dalam upaya pertahanan serta pegembangan usahanya. UMKM dapat menjadi garda terdepan dalam pencapaian kebangkitan ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja, kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan untuk pertumbuhan dan ekonomi yang berkelanjutan.
Peluang pengembangan UMKM di era new normal ini sangatlah besar, untuk itu para pelaku UMKM haruslah menggunakan strategi yang cocok dalam menghadapi era ini, pemanfaatan teknologi digital merupakan media paling relevan yang berperan penting dalam pengembangan UMKM. Teknologi digital menyediakan digital marketing yang membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan dan mempromosikan produknya sehingga banyak yang mengenal produk tersebut dan UMKM dapat lebih berkembang. (Indra, 2020)
DAFTAR PUSTAKA
Sumarni, Y. (2020). Pandemi COVID-19. Tantangan Ekonomi dan Bisnis. AL-Intaj, 6(2). Retrieved November 14, 2020
Indra F. F. dkk. (2020). Penyuluhan UMKM di Era New Normal dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1). Retrieved November 14, 2020