Di era sekarang, Media sosial sudah mengalami kemajuan dan berkembang secara pesat. Oleh karena itu, manusia sangat bergantung lewat media social, dari mulai anak-anak SD,SMP,SMA. Dengan adanya kemajuan di bidang ini mayoritas semua masyarakat sudah memiliki akun pribadi masing-masing.
Contoh media social yang dimiliki masyarakat untuk saat ini yaitu whatssap, youtube, facebook, instagram dll. Selain itu, media social juga mempunya pasar online seperti Toko Pedia, Shopee, Lazada, dll. Oleh karena itu, sekarang banyak juga masyarakat menggunakan media social sebagai sarana untuk jual beli barang secara online.
Di setiap daerah di Indonesia memiliki potensinya masing-masing. Terlebih Indonesia memang dikenal dengan keragaman dan kekayaan akan sumber daya alam maupun sumber daya manusia nya. Potensi-potensi desa tersebut sangatlah perlu digali dan dikelola lebih baik lagi agar bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar.
Potensi desa merupakan segenap sumber daya yang dimiliki oleh desa yaitu diantaranya sumber daya alam dan sumber daya manusia dimana hal keduanya tersebut merupakan suatu modal dasar yang apabila dikelola dan dikembangkan akan memberikan suatu perkembangan bagi desa tersebut. Misalnya UMKM Kopi. Ada 2 jenis kopi yang sering di pasarkan di media social maupun dijual kepada konsumen secara langsung. Yaitu Kopi Arabica dan Kopi Robusta. Rata-rata kopi yang paling diminati masyarakat itu Kopi Arabica. Selain menjual kopi lewat konsumen, masyarakat bisa menjual kopi lewat online, dan biasanya kopi dikemas dengan berat 100 gram.
Dengan adanya media social yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk jual beli online. masyarakat yang memiliki umkm atau usaha kecil-kecilan memasarkan dagangan mereka lewat online. oleh karena itu, penghasilan penjual bisa melebihi target yang ditentukan. Semakin cepat berkembangnya pemasaran online produk kopi tersebut, semakin dikenalnya desa yang menjual kopi tersebut sebagai desa yang memiliki produk hasil pertanian kopi yang paling bagus.